LMNAS 24 UGM

lmnas24

LOMBA MATEMATIKA NASIONAL UGM KE-24

Hari Minggu, tanggal 24 November 2013 kemarin, saya mengikuti Lomba Matematika Nasional UGM, di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuna Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM), Yogyakarta. Peserta se-Indonesia ada sebanyak 100 orang, masing-masing 50 dari SMP dan SMA, yang dipilih melalui seleksi tingkat regional, pada 10 November 2013.

Saya pergi ke Yogyakarta 1 hari sebelumnya, didampingi dengan Pak Sudaeni dari SMA Cendana Pekanbaru, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Di Yogyakarta, saya menginap di University Club Hotel, UGM.

Pada pagi hari 24 November 2013, sekitar pukul 7 pagi, pembukaan acara dimulai. Dilanjutkan dengan tingkat perempat final (seleksi untuk 20 besar), pukul 08:00-09:30. Soal berupa 20 isian singkat. Setiap soal bernilai 2 poin. Saat pengumuman pukul 10:15, ternyata saya rangking 18 dari 50 peserta tingkat SMA, dengan poin 10. Karena masuk 20 besar, saya juga mengikuti babak semifinal (seleksi untuk 5 besar). Soal berupa 4 soal uraian, dengan waktu 15 menit per soal, dan 25 poin per soal. Sayangnya, saya hanya mendapat rangking 20, dengan nilai 5. Maka, saya hanya menonton babak final 5 besar sorenya.

Senin, 25 November 2013 pukul 12 siang, sehabis shalat Dzuhur dan Ashar (jamak), saya check-out hotel. Saya pergi membeli oleh-oleh khas Jogja (Bakpia Pathok “djaVa”). Kemudian, membeli nasi padang untuk makan siang, dan pukul 1 kurang seperempat, sampai di Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta. Pesawat pukul setengah 5 kurang 10, Garuda Indonesia, transit di Jakarta terlebih dahulu, sama seperti berangkat.
Tapi, karena padatnya lalu-lintas Bandara Soekarno-Hatta, akhirnya pesawat delay dan antri, total keterlambatan +/- 1 jam. Sampai di Pekanbaru pukul setengah 10. Oleh-oleh ? Besoknya saya bagikan ke teman-teman sekolah.

Leave a Reply

