SEL (BIOLOGI)

Sel adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup. Semakin besar ukuran makhluk hidup, semakin banyak selnya, karena ukuran sel relatif sama untuk makhluk hidup yang berbeda. Tubuh manusia memiliki sekitar 60-100 triliun sel.
Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665, dengan mengamati irisan gabus, melalui mikroskop. Ia melihat bahwa irisan gabus tersebut disusun oleh ruang-ruang kecil, yang ia beri nama sel.
Sel tersusun oleh bagian-bagian yang memiliki fungsi, disebut organel sel. Diantara organel sel adalah mitokondria, lisosom, ribosom, pada bagian-bagian utama sel (nukleus, sitoplasma, dan membran sel). Untuk sel tumbuhan ada bagian yang bernama kloroplas dan dinding sel. Nukleus berfungsi sebagai pusat pengatur utama kegiatan sel. Di dalam nukleus terdapat kromosom yang menentukan kode genetik makhluk hidup. Jumlah kromosom bervariasi tergantung jenis makhluk hidup. Untuk manusia (Homo Sapiens), jumlah kromomsom adalah 23 pasang.
Makhluk dikatakan makhluk hidup jika memiliki 1 atau lebih sel. Virus tidak digolongkan kedalam makhluk hidup, karena partikel virus dapat dikristalkan, sehingga tidak dianggap sebagai sel. Makhluk hidup bersel 1 disebut uniseluler, contohnya Amoeba dan bakteri. Makhluk hidup bersel lebih dari 1 disebut multiseluler, contohnya makhluk hidup pada kingdom Animalia dan Plantae. Makhluk hidup uniseluler hanya dapat dilihat melalui mikroskop dengan perbesaran ratusan kali.
Macam-macam sel utama pada makhluk hidup adalah sebagai berikut.
1. Sel reproduksi, yaitu untuk bereproduksi. Pada Animalia, umumnya sel sperma dihasilkan jantan dan ovum dihasilkan betina, dan melebur menjadi zigot, yang akan berkembang menjadi embrio di dalam rahim (contoh, Mammalia) atau telur (contoh, Aves),
2. Sel saraf, yaitu untuk menyampaikan pesan rangsangan,
3. Sel batang/kerucut pada mata, yaitu untuk menghasilkan bayangan gambar pada mata (seperti pada kamera),
4. Sel darah, penyusun darah. Terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah,
5. Sel otot, menyusun jaringan otot,
6. dan lain-lain.
Sel-sel yang telah mati akan diperbarui setiap periode tertentu. Contohnya, sel kulit mati akan diperbaharui setiap 1 bulan, atau sel darah merah setiap 4 bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s