CONTOH TEKS EKSPLANASI (B. INDONESIA)

CONTOH TEKS EKSPLANASI
Fenomena Penggunaan Zat Kimia Berbahaya Dalam Jajanan Pasar
Istilah “jajanan pasar” adalah makanan yang banyak ditemui di pasar tradisional dengan harga relatif terjangkau. Pada umumnya, konsumen jajanan pasar adalah masyarakat sekitar yang masih awam. Jajanan pasar juga sangat menarik perhatian bagi anak-anak, karena warna dan rasanya.
Tetapi saat ini marak penggunaan bahan kimia berbahaya pada jajanan pasar. Produsen jajanan pasar menambahkan bahan kimia berbahaya seperti bleng/boraks, tawas, dan pewarna tekstil pada olahannya. Hal ini dilakukan demi meraih keuntungan. Karena mahalnya bahan-bahan alami, produsen mencampurkan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut agar menurunkan biaya produksi.
Bleng/boraks misalnya. Bahkan banyak orang-orang awam yang tidak tahu bahwa bleng sama dengan boraks!!! Seperti pada pengolahan kerupuk gendar, ongol-ongol, dan lain-lain. Bleng bahkan sudah digunakan secara turun-temurun dalam banyak industri kerupuk gendar di Indonesia!!! (Hari Aji, 2012). Boraks , dengan rumus kimia Na2B4O7•10H2O (Wikipedia, 2015) sebaiknya tidak digunakan dalam bahan makanan. Dalam jangka panjang boraks dapat menyebabkan keruskaan otak (Wikipedia, 2015).
Tawas juga digunakan dalam makanan!!! Pedagang bakso menggunakan tawas untuk mengenyalkan adonan bakso agar lebih nikmat dan awet. (Marsudijono, 2011). Pedagang bakso juga menggunakan tawas karena mereka mengolah daging sapi busuk (demi memperoleh keuntungan), sehingga tawas digunakan untuk mencegah berkembangnya bakteri. Mengkonsumsi tawas dapat menyebabkan hal yang fatal dalam jangka panjang, seperti kanker hati (Marsudijono, 2011).
Terakhir, pewarna tekstil. Pewarna methanyl yellow digunakan untuk menarik minat anak-anak, sasaran utama jajanan pasar, sehingga warna lebih menarik/mencolok, tetapi biaya produksi lebih rendah. (Nana, 2011)
Kasus-kasus diatas mengingkatkan kita agar lebih waspada terhadap fenomena zat kimia berbahaya pada jajanan pasar. Jangan sampai anak-anak generasi penerus bangsa diracuni oleh jajanan pasar dengan campuran zat kimia berbahaya.
Sumber :
1. http://ervinanana.blogspot.com/2011/11/bahaya-makanan-yang-menggunakan-zat.html
2. http://marsudijono-matahari.blogspot.com/2011/08/bahaya-mengkonsumsi-makanan-mengandung.html
3. http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/12/27/ternyata-bleng-boraks-514375.html
4. http://en.wikipedia.org/wiki/Borax

Nilai :
Paraf :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s