GLOBAL WARMING

PEMANASAN GLOBAL

  1. EFEK RUMAH KACA

Terjadi efek rumah kaca di planet kita. Jika tak ada efek rumah kaca, planet kita akan membeku. Gas-gas efek rumah kaca, antara lain adalah CO2, CH4, dan H2O. Efek rumah kaca pada planet kita adalah penyerapan energi panas matahari oleh gas-gas rumah kaca di atmosfer.

  1. GAS RUMAH KACA (CO2)

CO2 berasal dari hasil pembakaran sempurna zat yang mengandung atom C. Konsentrasi gas CO2 meningkat, dan mengalami perubahan pada siklus panjang (periode puluh-ratusan ribu tahun) sejak industrialisasi. Pada siklus yang lebih besar (periode puluhan juta tahun), konsentrasi CO2 pernah mencapai sekitar 2 kali lipat konsentrasi sekarang (760 ppm, sekarang sekitar 380-400 ppm).

  1. KITA MENUJU “ZAMAN ES”???

maunder

Ada pendapat yang menyatakan bahwa bumi kita sedang menuju pada “zaman es”. Pada akhir abad ke-17 terjadi ”zaman es” kecil yang disebabkan penurunan aktivitas matahari (Maunder Minimum pada grafik di atas), yang menyebabkan musim dingin yang sangat dingin (bahkan sungai Thames membeku) di Eropa, yang secara umum dikenal dengan musim dingin yang cukup “hangat” (tidak terlalu dingin untuk ukuran garis lintangnya).

  1. PENYEBAB UTAMA PEMANASAN GLOBAL : KENTUT HEWAN TERNAK?

Tahukah Anda, bahwa kentut hewan ternak mengandung gas metana (CH4 yang juga bertanggung jawab atas sedikitnya 51% pemanasan global? (Watch Magazine, Nov-Des 2009) Potensi pemanasan gas CH4 23 kali gas CO2.

E. Urban Heat Island

Adalah suatu daerah yang secara signifikan lebih panas (terlihat pada suhu minimum per hari) daripada sekelilingnya, walaupun berkedudukan di garis lintang, ketinggian, dan pola iklim yang sama, akibat aktivitas urban (kota), yang prosesnya terjadi selama puluhan-ratusan tahun. Contoh terlihat jelas di Jakarta. Rata-rata suhu minimum per hari di pusat kota (sekitar 24-250 C) sedikit lebih besar daripada pinggiran (230 C). Hal ini tidak terjadi sekitar 100-200 tahun lalu!!! Akibat Pemanasan Global : Kenaikan permukaan air laut Selama seabad terakhir, permukaan air laut naik antara 10-25 cm. Penyebabnya adalah menghangatnya atmosfer sehingga air laut juga menghangat. Ini membuat sebagiat daratan tenggelam, erosi dari tebing, pantai, bukit pasir meningkat, dan mempengaruhi ekosistem pantai.

  1. Badan Pencegahan Pemanasan Global
  2. Intergovermental Panel On Climate Change

Sebuah Badan Naungan PBB Memberikan pemahaman tentang perubahan iklim berdasarkan studi teknis, sosial, ekonomi Bertujuan mencerminkan berbagai pandangan dan keahlian Menurut IPCC, penyebab pemanasan global adalah meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat dari kegiatan manusia (Antropogenik)

  1. Asia Pacific Partnership on Clean Development and Climate

Anggota : negara Asia-Pasifik Menghasilkan beberapa kesepakatan untuk menurunkan/memperlambat pemanasan global Tetapi, karena tidak mengikat, bentuk kesepakatan tersebut dikritik oleh pegiat lingkungan.

  1. Protokol Kyoto

Merupakan amandemen terhadap perjanjian negara anggota PBB mengenai perubahan iklim. Negara-negara yang meratifikais protokol Kyoto berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dioksida, metan, nitrous oxide, sulfur heksafluorida, HFC, dan PFC.

  1. Usaha Pencegahan Pemanasan Global
  2. Rumah Ramah Lingkungan.

Kurangi pemakaian listrik. Di Jepang bahkan pemerintah menghimbau rakyatnya untuk menyetel AC paling dingin 28C dan pemanas paling hangat 20C untuk menghemat energi. Belakangan ini juga ada himbauan untuk AC kantor harus disetel paling dingin 25C, untuk menghemat energi.

  1. Gunakanlah sistem tebang pilih, yaitu tebang pohon-pohon yang sudah agak tua. Jangan tebang pohon yang masih banyak manfaatnya, karena hutan = pohon = paru-paru dunia.
  2. Reboisasi. Penghijauan setelah tebang pohon.
  3. Kendaraan ramah lingkungan.
  4. Lampu hemat energi (LED), biasa 11-23 Watt, 80% lebih hemat dan efisien.
  5. Menanam pohon di pekarangan rumah sebagai paru-paru bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s